Tips Hidup Bahagia….

happiness_by_wint3r88Waktu kecil gua selalu hidup bahagia, punya keluarga yang harmonis, hidup berkecukupan, teman-teman yang selalu terasa peduli dan sayang sama gua….

Apa semua yang saya inginkan tercapai? ga juga tuh…

Mainan terbaru? selalu ada tapi selalu terasa kurang

Keluarga yang sayang sama gua? pasti… tapi tetep aja ada yg kurang

Temen? banyak dan menyenangkan… tp sama aja… tetep terasa kurang

Jadi… sebenarnya gua bahagia ga sih?? itu yang gua cari tahu selama ini…

Gua suka baca, dari baca buku, artikel, blog, dll… nah dari situ tuh gua tahu apa makna bahagia sebenarnya, dan itu tidak ada dalam semua bacaan yg udah gua baca… lah.. terus??? yang bisa bikin gua bahagia… ya gua sendiri

Gua ngerasain pindah rumah dua kali, di rumah kedua saat2 negeri tercinta kita kena krismon… materi hilang begitu saja… di rumah ketiga, papa meninggal… satu persatu yang gua rasa bagian dari kebahagiaan gua hilang… lantas?? gua ga akan bahagia lagi donk…?? itu pemikiran paling salah

Pertama kali gua ngekos di Bandung, gua ngeliat dibelakang rumah (dari lantai dua ngeliat ke perumahan kumuh dibelakang kos), ada keluarga lengkap, ayah,ibu dan 4 anak, mereka makan dengan nasi putih hangat, 2 potong tahu, dan sambel, itu untuk makan 2 orang sepiring… trus gua itung2,biaya hidup gua sebulan saat itu bisa untuk hidup mereka 4-5 bulan, dalam kondisi gua selalu merasa kurang, selalu minta lagi ke ortu… dan berkeluh kesah saat ngerasa kekurangan… tapi mereka? makan sambil tertawa riang, ibu yang terlihat sangat sayang sama anak-anaknya… bahkan kadang-kadang gua liat mereka hanya makan dengan nasi panas yg ditaburi garam secukupnya…

 

Kenapa mereka bisa bahagia? Kenapa gua merasa kurang bahagia?

karena mereka punya hidup yang serba disyukuri, melakukan apapun dengan ikhlas… dan banyak hal lain yang bisa bikin mereka bahagia, ini tipsnya…

 

1. Cari tahu apa yang kamu inginkan, supaya kamu bisa bahagia..

Ada orang yang bahagia makan nasi putih hangat ditaburi garam, ada orang yang harus makan dengan bermacam-macam lauk…

Ada orang yang bahagia kerja dengan gaji yang besar, ada orang yang bahagia gaji kecil asal karirnya terus meningkat…

Ada orang yang senang selalu bersama teman-teman, ada orang yang senang lebih banyak menikmati kesendirian…

Cari tahu kamu pengen bahagia dengan cara bagaimana…

 

2. Berkumpul dan bergaul dengan orang bahagia dan positive thinking…

Berkumpul dengan orang-orang yang selalu merasa tidak bahagia dan mengeluh terus menerus akan mempengaruhi “kadar” kebahagiaan anda juga. Demikian juga

sebaliknya.. Berkumpul dengan orang bahagia dan berpikir positif akan meningkatkan kadar bahagia kamu, dan bikin kamu lebih berpikir positif…


3. Cari solusi bukan mengeluh…

Kalau kamu ada masalah, sisihkan sedikit waktu untuk memikirkan solusinya, baik dari kamu sendiri atau dari orang lain, yang jelas dapatkan solusinya…

Jangan mengeluh, menggerutu… jangan setiap ada sesuatu yang tidak menyenangkan langsung mengeluh, sakit kepala dikit ngeluh, sakit perut dikit ngeluh, jalan macet

dikit ngeluh, kerjaan ditambah dikit ngeluh… kapan bisa bahagia… jangan hancurkan kebahagiaan yang ada didepan mata…


4. Jangan menyimpan perasaan tidak enak.. (benci,dendam,sedih,takut,dll….)

Apa gunanya kamu simpen rasa benci sama seseorang? apa gunanya kamu simpen rasa dendam sama seseorang? hanya bisa menumbuhkan zat-zat kimia yang merusak

didalam tubuh… got it? sedih?takut? sama aja semuanya… “klo sedih kan ga bisa di kontrol” KATA SIAPA?? hubungi gua kalo kamu bilang sedih, takut ga bisa diilangin…

harus nunggu tenang, harus lewat beberapa hari…


5. Gunakan kemampuan terbaik kamu… do the best!!!

Buat siapapun sama, buat atasan, buat pacar, buat saingan, buat siapapun… lakukan yang terbaik yang kamu bisa, sisanya serahkan pada Tuhan.. yakinlah kamu bakal

dapat yang terbaik juga… bahkan jika gagalpun, kmu pasti akan merasakan kepuasan tersendiri karena sudah melakukan yang terbaik… ‘n then? ada yang lebih baik lagi

yang akan kamu dapatkan.. begitu seterusnya…


6. Ikhlas….

Kamu sudah lakukan yang terbaik yang kamu bisa?? ikhlas ga?? hmm… ini sangat sangat penting, tumbuhkan rasa ikhlas saat kamu melakukan apapun untuk siapapun…

pernah ngasi receh untuk pengemis karena males nyimpen receh? pernah ngasi receh sama ibu2 tua di perempatan karena males ada pengemis deket2? apa yang udah

kamu lakukan??? saya pernah ngasi seratus rupiah yg kerogoh dari tempat receh buat ibu-ibu pengemis tua yg jorok dan bau krn males ada pengemis deket2, trus

balesannya apa? si ibu menyempatkan diri berdiam sebentar disebelah saya trus berdoa, “Ya Tuhan, dampingin anak muda ini supaya sampai dengan selamat di tujuan,

murahkan rejekinya, dan mudahkanlah hidupnya” seratus rupiah, satu koin yg gua kasi dgn niat yg tidak baik dibalas dengan sangat baik… Ikhlaslah melakukan apapun

untuk siapapun…


7. Bersyukur…

Bersyukur dan berterima kasih untuk segala yang sudah kamu dapatkan, karena ada sesuatu yang baik dan positif dibalik semua yang kamu dapatkan…..


4 responses to “Tips Hidup Bahagia….

  1. Lam kNaL Ka”,,,mKasiH y wat tipS ny,,.quWh g! BtUh bn9eDt m0tiVasi bwAT n9jaLanin hdUp,,,sM0ga quwH bsa kyAk ka” y,,yg akHrnya bsa mN9erti makNa hdup yg sEsun9guhnya,,,,,:-)

  2. Bolehkah saya berteman dngan anda.saya bs menyelesaikan masalah orang dngan baik tp untk masalah saya sendiri kadang gk bs saya cari jawabanny. Ym saya skportal_1986

    • oh tentu boleh… tapi saya juga ga bisa menjanjikan sebuah solusi konkrit untuk anda, tapi saya bisa mengarahkan anda untuk mengambil keputusan yang tepat untuk anda jalani… anyway thanks yah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s