Dampak Pygmalion – Dampak Berpikir Positif

Pygmalion, seorang pemuda Yunani dengan bakat Seni Memahat yang sangat luar biasa, tetapi pemuda yang selalu menghasilkan hasil karya yang mengagumkan ini tidak hanya dikenal dari bakat memahatnya, tetapi juga dari cara berpikir positifnya yang membuahkan hasil yang mengagumkan juga…

Pygmalion dikenal sebagai orang yang suka berpikiran positif. Ia memandang segala sesuatu dari sudut yang baik.Apabila lapangan di tengah kota becek, orang-orang mengomel. Tetapi Pygmalion berkata, “Untunglah, lapangan yang lain tidak sebecek ini.” Ketika ada seorang pembeli patung ngotot menawar-nawar harga,kawan-kawan Pygmalion berbisik, “Kikir betul orang itu.”Tetapi Pygmalion berkata, “Mungkin orang itu perlu mengeluarkan uang untuk urusan lain yang lebih perlu”.

Ketika anak-anak mencuri apel dikebunnya, Pygmalion tidak mengumpat. Ia malah merasa iba, “Kasihan,anak-anak itu kurang mendapat pendidikan dan makanan yang cukup di rumahnya.” Itulah pola pandang Pygmalion. Ia tidak melihat suatu keadaan dari segi buruk, melainkan justru dari segi baik. Ia tidak pernah berpikir buruk tentang orang lain; sebaliknya, ia mencoba membayangkan hal-hal baik dibalik perbuatan buruk orang lain.

Pada suatu hari Pygmalion mengukir sebuah patung wanita dari kayu yang sangat halus. Patung itu berukuran manusia sungguhan. Ketika sudah rampung, patung itu tampak seperti manusia betul. Wajah patung itu tersenyum manis menawan,tubuhnya elok menarik. Kawan-kawan Pygmalion berkata,”Ah,sebagus-bagusnya patung, itu cuma patung, bukan isterimu.” Tetapi Pygmalion memperlakukan patung itu sebagai manusia betul. Berkali-kali patung itu ditatapnya dan dielusnya.

Para Dewi yang ada di Gunung Olympus memperhatikan dan menghargai sikap Pygmalion, lalu mereka memutuskan untuk memberi anugerah kepada Pygmalion,yaitu mengubah patung itu menjadi manusia betulan.

Begitulah, Pygmalion hidup berbahagia dengan isterinya itu yang konon adalah wanita tercantik di seluruh negeri Yunani.

Nama Pygmalion hingga kini dikenang sebagai simbol berpikir positif, karena berpikir positif selalu membuahkan hasil yang positif.

Contohnya:

Jika kamu memikirkan teman kamu adalah orang yang judes dan kamu menjauhinya, maka dia akan benar-benar menjadi orang yang judes.

Jika kamu memikirkan teman kerja kamu adalah orang yang ramah, suka menolong dan baik hati padahal dia dianggap orang yang judes dikantor, maka dia akan menjadi orang yang baik, yang ramah dan siap membantu disaat kamu membutuhkan bantuannya.

Pikiran kita memang seringkali mempunyai dampak fulfilling prophecy atau ramalan tergenapi, baik positif maupun negatif. Jadi berhati-hatilah jika memikirkan sesuatu, dan usahakan selalu berpikir positif, maka hal-hal positiflah yang akan kamu dapatkan.

Saya akan memberikan contoh nyata dari diri saya sendiri di postingan berikutnya… jadi selalu sediakan waktu untuk melihat updatean blog saya yah….

2 responses to “Dampak Pygmalion – Dampak Berpikir Positif

  1. Amazing, Ded!!keep on going ya..ditunggu artikel2 berikut:)

  2. @ci miwan : pasti ci..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s