Daily Archives: November 20, 2009

Mama…

Setelah dua puluh sekian tahun hidup di dunia ini, tiba-tiba aku terpikirkan untuk kencan dengan wanita lain selain istriku….

Malam itu aku mengutarakan keinginanku pada istriku, istriku mengijinkan dan berkata, “Silahkan saja, dia wanita yang memang selayaknya kau kencani, karena memang dia sangat sayang padamu”

Malam itu juga aku langsung menelepon mama, dan mengajak mama untuk makan malam berdua besok malam, mama dengan penuh curiga bertanya segala macam, “kenapa istrimu tidak ikut?” “kenapa kamu mengajak mama mendadak begini?” dan masih banyak pertanyaan penuh curiga dari mama terlontar begitu saja, tapi mama mengiyakan ajakanku….

Singkat cerita, keesokan harinya, sore setelah pulang kerja aku langsung menjemput mama kerumahnya, mama sudah menungguku dari tadi, senyum di bibirnya sungguh manis, mama sudah rapi, dan sangat wangi, kugandeng tangan mama dan membukakan pintu mobil untuknya…

Kakak-kakakku yang kebetulan ada dirumah mama, menatapku sambil tersenyum, mau bikin ulah apalagi adik kecil kita ini, ucap mereka.

Akupun pergi bersama mama, ke suatu tempat makan dengan pemandanganyang sangat indah dan pelayanan yang sangat memuaskan, mama menggandeng tanganku layaknya orang yang sedang berkencan, seperti putri raja anggunnya mama malam itu, mama duduk dengan manisnya didepanku, aku mengambil menu makanan dan mulai memesan makanan, aku memesan makanan dan minuman kesukaan mama, mama tersenyum dan berkata “mama pikir kamu sudah lupa apa yang jadi kesukaan mama dek (panggilan sayang mama untukku sejak kecil)”

Kamipun menyantap makanan, disela-sela makan mama bertanya “ada apa mama diajak berduaan gini dek?”, “ga papa kok ma, aku hanya kangen aja sama mama, aku pengen menghabiskan waktu bersama mama, aku sayaaaaaaaaaaaang banget sama mama”

Mama hanya tersenyum kecil lalu berkata “kamu yah, ga berubah-ubah genitnya sampai sekarang” kamipun bersenang dan membicarakan sangat banyak hal malam itu.

Setelah selesai makan dan menghabiskan waktu mengobrol berdua, kamipun langsung pulang, dalam perjalanan mengantarkan mama pulang, mama berkata “mama pengen pergi berdua lagi sama kamu ya dek, tapi lain kali mama yang bayar”, “okay mom….” ujarku.

Setelah mengantarkan mama, akupun langsung pulang kerumah dengan penuh kebahagiaan.Istrikupun langsung bertanya apakah aku bahagia malam itu, “tak bisa digambarkan bahagianya, makasi sayang udah mengijinkan aku berkencan dengan wanita lain,hehe”

Tak disangka, beberapa hari kemudian mama meninggal dunia, kesedihan mendalam melanda keluarga kami.

Lebih tidak disangka lagi, seminggu setelah mama meninggal aku mendapatkan sepucuk surat dari restoran tempat aku dan mama makan, ternyata surat itu dari mama…

 

“Dek, mama tulis surat ini karena mama tahu ini merupakan kencan terakhir kita, mama sangat bahagia malam ini, belum pernah mama sebahagia ini sejak papa meninggal, terima kasih ya dek… Mama sayang kamu dek…”

ps : mama sudah berjanji akan mentraktir kamu, jadi mama juga sudah pesankan makan malam spesial untuk dua orang, kamu bisa kesana kapan aja karena pesanan ini bisa untuk kapan saja… sekali lagi, Mama sayang kamu….

 

Buat siapa saja kamu yang membaca tulisan ini, jangan tunda untuk mengungkapkan rasa sayang kamu sama mama maupun papa yang sudah membesarkan kamu, sekarang juga hubungilah mereka, katakan kalau kamu sayang sama mereka…. Jangan biarkan kalimat singkat itu tidak sempat lagi kamu ucapkan…

Info Kanker…

by : Anne Ahira

Kanker adalah suatu penonjolan atau pertumbuhan tidak wajar yang dapat terjadi pada setiap bagian tubuh. Setiap benjolan yang keras, tidak sakit dan tumbuh perlahan-lahan pada salah satu bagian tubuh, kemungkinan besar merupakan kanker. Penyakit ini berbahaya dan sering kali memerlukan operasi/pembedahan oleh para medis.

Ketika mengetahui salah seorang anggota keluarga menderita kanker, sebaiknya tidak usah terlalu panik karena penyakit ini sama halnya dengan penyakit lain. Ada sekitar 100 tipe kanker, dari stadium rendah yang bisa disembuhkan ataupun stadium lanjut yang membutuhkan perawatan insentif. Nama kanker berdasarkan organ atau sel tipe apa yang terkena kanker.

A. Penyebab Kanker

Penyakit kanker berhubungan erat dengan kondisi sel, unit dasar kehidupan manusia. Untuk mengetahui kanker, harus diketahui terlebih dahulu apa yang terjadi pada sel normal hingga menjadi sel kanker.

Tubuh terdiri dari banyak sel. Masing-masing sel tumbuh dan mati dan dikontrol oleh suatu sistem rumit sehingga setiap harinya bisa berregenerasi. Ini dibutuhkan untuk menjaga stabilitas dan kesehatan tubuh.

Sering kali proses ini akan mengalami kegagalan. Material genetik sel (DNA) bisa saja rusak dan berubah, memproduksi gen mutasi yang berakibat buruk pada pertumbuhan sel. Jika ini terjadi, sel tidak dapat mati saat dibutuhkan dan sel baru tidak terbentuk maka inilah awal muasal terjadinya kanker.

 

B. Jenis-jenis kanker:


1. Kanker pada kulit


Kanker kulit paling sering terjadi pada orang-orang yang berkulit cerah dan yang sering berjamur di bawah terik matahari. Biasanya kanker ini timbul pada tempat-tempat yang paling terkena sinar matahari, terutama: telinga, tulang pipi, pelipis, hidung, dan bibir.

 

Penyakit ini terdiri atas berbagai bentuk. Biasanya mulai terjadi sebagai suatu cincin kecil dengan warna seperti mutiara dan disertai sebuah lubang di tengahnya.

 

Kebanyakan kanker kulit tidak berbahaya jika diobati pada saat yang tepat dan tidak diperlukan operasi bedah untuk menanganinya.

 

2. Kanker Payudara

Penyakit ini cukup sering ditemukan pada wanita dan selalu merupakan penyakit yang berbahaya.

 

Tanda-tanda kanker payudara :

  • Penderita menemukan suatu benjolan di sekitar payudara
  • Payudara menunjukkan suatu lekukan atau cekungan yang tidak wajar (abnormal) atau banyak lekukan kecil-kecil seperti kulit jeruk
  • Sering kali terdapat kelenjar getah bening yang membesar tetapi tidak sakit pada ketiak
  • Benjolan tumbuh secara perlahan-lahan
  • Biasanya pada permulaan benjolan tidak sakit atau tidak terasa, baru beberapa waktu kemudian timbul rasa sakit.

3. Kanker rahim atau indung telur

 

Kanker rahim (uterus), leher rahim (cervix) atau indung telur (ovarium) paling sering dijumpai pada wanita yang berusia lebih dari 40 tahun. Tanda pertama yang mungkin adalah kekurangan darah (anemia) atau perdarahan pada jalan lahir yang tidak dapat dijelaskan. Selanjutnya ditemukan suatu benjolan yang sakit pada perut.

4. Kanker kolon

Jenis kanker yang menyerang usus sehingga merusak metabolisme pada sistem pencernaan.

 

5. Kanker tulang (Sarcoma)

Kanker ini terjadi pada tulang, jaringan lemak, otot, dan darah.

 

6. Kanker darah (leukimia)

Berawal dari pertumbuhan darah putih yang tidak normal, leukimia menyerang sistem metabolisme darah sehingga sistem imunitas si penderita menurun drastis.

 

7. Lymphoma

Kanker ini menyerang sel imunitas tubuh.

 

8. Kanker ginjal

C. Hal-hal yang harus dilakukan para penderita kanker :

  • Melakukan diet makanan dan gaya hidup sesuai dengan petunjuk petugas kesehatan
  • Berolahraga secara teratur sehingga pikiran yang kalut bisa dihilangkan dengan melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat ini.
  • Rutin memeriksakan diri ke dokter. Jangan segan untuk bertanya tentang bagaimana hidup optimis meskipun menyandang penyakit kanker.
  • Berdoa dan selalu berusaha untuk berpikir positif.