Jangan Mengeluh….

Saya manusia tak sempurna layaknya manusia lainnya, saya terkadang masih mengeluh dan tidak puas akan kehidupan yang saya miliki…. Bahkan jujur saja sebelum saya menuangkan tulisan ini saya sempat mengeluh atas perasaan yang harus saya rasakan… namun justru menjadi inspirasi buat saya untuk membuka hati kita semua…

Belajarlah untuk tidak mengeluh, semua yang kita hadapi adalah pilihan kita sendiri, semua yang kita hadapi adalah hasil perbuatan kita di masa lalu….

Bertanggungjawablah atas pilihan yang sudah kita buat, karena kita tidak tahu pasti apa yang akan terjadi setelah pilihan itu kita buat….

Saya punya cerita tentang seorang pria yang sangat merindukan sosok ibunya di pulau seberang….

Waktu selalu menjadi kendala baginya untuk bisa bertemu dengan ibunya, kesibukan yang harus dia lewati sehari-hari, pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, dll….

Sampai pada suatu hari dia mendapat ijin dari tempat dia bekerja untuk beberapa hari, tanpa berpikir panjang pria itu segera memesan tiket pesawat untuk pulang menemui ibu yang sangat dicintainya… Itu pilihan yang tidak perlu dipikirkan terlalu lama lagi buatnya…

Namun naas ditengah perjalanan pesawat mengalami gangguan pada salah satu mesinnya… Pesawat mulai bergoncang… Pramugari mengingatkan semua penumpang untuk kembali ke tempat duduk masing-masing dan memakai sabuk pengaman, sesaat kemudian pesawat bergoncang lebih hebat lagi dari sebelumnya… semua penumpang panik dan berdoa… Selang oksigen berhamburan keluar dari atas kursi penumpang…

Tak lama kemudian terdengar suara ledakan cukup keras disebelah kiri pesawat… Tak lain tak bukan, salah satu pesawat mesin meledak dan memecahkan semua jendela pesawat… Semua penumpang terlihat semakin panik kecuali satu orang… Yap, si pria yang ingin mengunjungi ibunya… Pria itu berdoa dengan tenangnya supaya masih bisa bertemu dengan ibunya dan membahagiakan ibunya, sekian lama waktu yang ditunggu-tunggu semoga ada kesempatan untuk membahagiakan ibunya dengan senyum ramahnya yang sudah dirindukan ibunya diseberang sana…

Begitu doa selesai dipanjatkan, pesawat menukik tajam kelaut, sentuhan pertama ke permukaan laut memporakporandakan badan pesawat, pria itu terlempar ke laut dan untungnya dalam keadaan memakai pelampung, sebagian besar penumpang meninggal seketika saat pesawat terpecah berantakan menyentuh permukaan laut…

Beberapa penumpang yang selamat, berusaha menyelamatkan diri sendiri dengan segala cara, bahkan dengan merebut pegangan penumpang lain yang sudah mendapat pegangan pada serpihan-serpihan pesawat…

Hampir semua penumpang terlihat stress, panik, menangis dan mengeluh tanpa henti… Hanya pria itu yang masih berusaha membantu orang lain dan sesekali berdoa untuk semua orang disana…

Salah satu penumpang yang dibantunya melihat pria itu lalu bertanya… “Kenapa kamu terlihat tenang dan masih sempat-sempatnya membantu saya?” Pria itu menjawab dengan suara beratnya dan dengan tenang pula… “Saya masih berbahagia berada disini sekarang, jika saya selamat.. saya bisa bertemu dengan ibu saya di seberang sana, tapi jika saya tidak selamat berarti saya bisa bertemu ayah saya di surga.. nothing to loose..”

Penumpang yang dibantunya itu pun terheran-heran dan mengangguk senyum pada pria itu lalu berkata.. “Sebaiknya saya berhenti mengeluh dan saya yakin kita semua akan selamat… terima kasih sudah membuat saya optimis untuk terus berjuang hidup, saya tidak pernah sebahagia ini seumur hidup saya”

Note : teman-teman perhatikan semua kejadian ini, dalam keadaan apapun jika kita tetap bersyukur, berserah pada-Nya, dan mempertanggungjawabkan segala pilihan yang kita buat… maka kita akan merasa bahagia selalu, bahkan kita bisa membuat orang lain bahagia… jadi… tidak ada gunanya mengeluh…

3 responses to “Jangan Mengeluh….

  1. kisah nyatakah?

  2. kìsah xg memilukan, mengharukan, en brmanfaat bg u/ xg suka mengluh. oh y teuz pramugari’a ad xg
    selamat gak???

Leave a Reply

