Stress Kerja dan Cara Mengatasinya

STRESS…

Era Globalisasi dan Modernisasi menuntut orang untuk bekerja lebih rajin dan kreatif untuk bisa bersaing dan bertahan hidup…

Hasil statistik di salah satu negara adidaya mengatakan bahwa 40% pekerja merasa pekerjaannya sangat menjadi tekanan, bahkan 25% pekerja merasa pekerjaan adalah hal yang paling membuat tertekan dalam kehidupan mereka.

Stress yang berlebihan akan membuat orang menjadi semakin terpuruk dengan kondisi yang ada, semakin susah melewati hari-harinya, bahkan ada yang sudah mengambil keputusan-keputusan konyol karena tidak sanggup menghadapi tekana yang didapatkan.

Tetapi stress dalam tahap tertentu bisa menjadi motivasi bagi seseorang untuk menyelesaikan tanggungjawabnya bahkan memberikan lebih dari yang diharapkan, berusaha bekerja dengan target yg ada, dan berusaha mencapai lebih dari target tersebut.

 

Apa saja indikasi stress sudah melewati batas kesanggupan seseorang?

Pelupa

Jika orang sudah kelebihan informasi dan tidak sanggup menampungnya, orang tersebut cenderung menjadi pelupa.

Kurang Konsentrasi

Management kerja menurun mengakibatkan banyak kesalahan-kesalahan yang terjadi akibat kurangnya konsentrasi.

Atensi Menurun

Kelebihan tekanan yang ada membuat orang fokus untuk mengurangi tekanan tersebut, sehingga kurang memberikan atensi pada lingkungan sekitarnya.

Tidak Bersemangat

Sama halnya dengan poin atensi, dimana orang menghabiskan energinya untuk mengatasi stress yang dihadapinya sehingga kurang bersemangat karena energinya sudah tersita untuk mengatasi stress tersebut.

Emosi Labil

Tekanan yang berlebihan membuat kepedulian terhadap sesame menjadi menurun, sehingga emosi pun menjadi labil yang berakibat seringnya terjadi konflik dengan lingkungan sekitar karena emosi yang sudah susah dikontrol, kesabaran berkurang,dll.

Mulai mendapat gangguan penyakit

Otot-otot terasa sakit, mudah sakit kepala dan beberapa penyakit lainnya bisa timbul akibat stress yang dihadapi, bahkan sampai gangguan jantung pun bisa. Dan yang paling sering timbul adalah penyakit lambung (maag) yang terus menerus menghampiri.

 

Apa saja yang bisa kita lakukan untuk menghindari dan mengatasi hal-hal tersebut?

1. Berteriak

Jika memungkinkan atau anda punya tempat untuk melakukannya, berteriak bisa mengurangi takanan yang memendam dalam diri anda.

 2. Relaksasi

Manjakan diri anda sesaat dengan posisi duduk atau tiduran yang nyaman, tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan perlahan, nyamankan diri anda sebisa mungkin.

 3. Tertawa

Bukan asal tertawa sendiri jika anda tidak mau dibawa teman anda ke rumah sakit jiwa, cari bahan tertawa, bergurau dengan teman kerja, atau menonton video-video lucu dari youtube,dsb.

 4. Ungkapkan penyebab stressnya

Ungkapkan apa yang menjadi penyebab stress anda pada orang tepat yang tentu anda yang paling tahu siapa orang tersebut, niscaya itu akan mengurangi stress anda.

 5. Tidur cukup

Biasakan tidur dengan waktu yang cukup, dimana anda bisa bangun dalam keadaan segar, ini akan membantu anda mengontrol emosi anda sehingga stress tidak terlalu menjadi beban bagi anda

 6. Libur dan lupakan pekerjaan sesaat

Minta waktu untuk cuti jika bisa, berliburlah dan jangan pikirkan pekerjaan anda saat berlibur.

 7. Pandang segalanya dari sisi positif

Apa kata Einstein? Semua hal itu relatif, bagaimana anda menyikapinya saja, semua hal itu ada baik dan buruknya, bagaimana anda memandangnya, nah jika kita bisa dan pasti bisa memandang tekanan itu sebagai motivasi hidup, kenapa kita harus memandang semua itu sebagai beban…

 

Jadi tidak jauh dari tujuan utama saya menulis blog ini, selalu berpikir… positif…

Mudah-mudahan membantu anda mengurangi stress yang anda hadapi….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s